Browsing Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa) by Title
Now showing items 21-40 of 48
-
Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Dengan Media Video Animasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Tempel Yogyakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitiannya adalah (1)untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru-guru Sekolah Dasar Muhammadiyah terkait kemampuan menggambar ilustrasi hewan (2) untuk mengetahui ... -
Pembelajaran Tematik SD Bermuatan IPS Dengan Media Gambar Sederhana
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Ranah pembelajaran tematik bermuatan IPS menggunakan pendekatan sosial yang menghubungkan satu fenomena sosial dengan fenomena sosial yang lainnya. Siswa dalam proses pembelajaran diajak memandang, memecahkan dan mengambil ... -
Pemberdayaan Guru Bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Sertifikasi guru merupakan salah satu usaha penerintah Indonesia untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi, ... -
Pendekatan Placed-Based Education Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Optimalisasi Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Tingkat Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Berdasarkan karakteristik pendekatan ilmiah, kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang sangat dekat dengan pengajaran sains. Kegiatan dalam pendekatan berupa kegiatan mengamati, bertanya, mengelompokkan, memperkirakan, ... -
Pendidikan Dasar: Antara Harapan dan Kenyataan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Kualitas pendidikan memepengaruhi kualitas sumber daya manusia. Upaya peningkatan pendidikan selalu menjadi perhatian serius di berbagai negara, tidak terkecuali negara Indonesia. Indonesia mempunyai pekerjaan rumah ... -
Pendidikan Karakter Di Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar Melalui Model Group Investigation
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Character education is one important concern in human development from an early age through formal education. The current state of society requires the development and strengthening of a strong character to improving the ... -
Penerapan Jiwa Teknopreneur Sejak Usia Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran SBK (Seni Budaya Dan Keterampilan) Sebagai Solusi Ekonomi Masa Depan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study aims to: (1) Describe the process of applying the technopreneur's spirit since elementary school in SBK subjects (2) Describe the process of applying teknopreneur as a form of future economic solution (3) ... -
Pengaruh Model Asesmen Terhadap Higher Order Thinking Skill dan Keterampilan Proses Sains Yang Dikontrol Oleh Past Performance
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rerata higher order thinking skill dan keterampilan proses sains pada kelompok asesmen terintegrasi dan konvensional yang ditinjau dari past performance, serta untuk ... -
Pengaruh Strategi MURRDERR, Minat Penjurusan, dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Creative thinking ability and disposition (CTAD) dituntut dalam aktivitas belajar matematika dalam penguatan program belajar guru sekolah dasar (PGSD). Untuk itu, pemilihan pendekatan dan strategi yang tepat akan membuat ... -
Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Bagi Calon Guru Sekolah Dasar Berpendekatan Local Wisdom
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)UU Sisdiknas no 20 tahun 2013 pasal 36, yakni kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan jenjang satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Selain ... -
Pengembangan Materi Ajar dan Model Pembelajaran Berorientasi dan Berstrategi Tindak Kesantunan Direktif dan Positif
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Studi ini bertujuan untuk merumuskan pengembangan materi ajar dan model pembelajaran yang berorientasi dan berstrategi pada tindak kesantunan direktif (TKD) dan tindak kesantunan positif. Metode penelitian ini berbentuk ... -
Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Kota Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan model pembelajaran mind mapping berbantuan gambar, yang efektif mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas V (2)menguji tingkat keefektifan ... -
Pengembangan Pembelajaran Interaktif Kemampuan Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Usia siswa Sekolah Dasar merupakan proses pengembangan dan perbaikan kemampuan gerak dasar, maka mereka harus diberikan fasilitas belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga mereka dapat memperluas ... -
Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA mulai berlaku pada 1 Januari 2016. Salah satu komponen penting bagi Indonesia untuk menghadapi MEA adalah jumlah wirausahawan dalam negeri, karena wirausahawan memiliki peranan besar ... -
Penguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMS
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Pada Siswa Kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Fakta pembelajaran di kelas IV-A SD Tambakaji 04: proses pembelajaran mengarang, dimulainguru memerintahkan siswa mengarang dengan topik dari guru dan menggunakan ru- ang kelas sebagai tempat belajar. Produk siswa sedikit, ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Power Point Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran menulis petunjuk pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang belum optimal.Permasalahan tersebut yaitu guru tidak memberikan peragaan dan kurang ... -
Peningkatan Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) merupakan pendidik professional. Dengan demikian kinerja Guru BK telah diakui sebagai jabatan professional baik oleh pemerintah, masyarakat pemakai jasa layanan BK, maupun masyarakat ... -
Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Evaluation of learning outcomes play an important role in education. This is because the learning outcomes is one tool to see the achievement of students in learning activities. Results of learners are usually prepared ... -
Perspektif Calon Guru Terhadap Konsep Guru Profesional
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang perspektif calon guru terhadap konsep guru yang profesional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling dominan yang harus dimiliki oleh seorang ...